klaim biaya persalinan ASKES

Standard

pada persalinan pertama saya kemarin, sebelumnya saya sudah sempat mencari-cari informasi tentang tempat persalinan sekaligus biayanya. karena saya anggota dari ASKES, saya juga coba cari tahu bagaimana cara untuk melakukan klaim biaya persalinan pada ASKES.

persalinan saya di tahun 2010, alhamdulillah secara normal. saat saya tanyakan kepada pihak ASKES tentang klaim, begini jawabannya :

ASKES mengenal dua bentuk klaim untuk persalinan, untuk yang persalinan normal berapapun biaya-nya ASKES mengganti Rp. 480.000, sedangkan untuk yang persalinan caesar ASKES mengganti Rp. 2.000.000, belum termasuk obat-obatan (tapi hanya obat yang masuk dalam DPHO saja yang diganti)..

Untuk persyaratan, antara lain :

  • Kartu ASKES ibu, asli+fotocopy
  • KTP ibu, asli+fotocopy
  • Surat keterangan lahir dari RS/bidan atau akte kelahiran fotocopy
  • Kwitansi pembayaran bermaterai (asli)

untuk proses pengajuan klaim :

  1. ibu/suami/saudara menyerahkan persyaratan diatas ke loket klaim ASKES di kota anda.
  2. petugas melakukan pengecekan persyaratan
  3. klaim tidak bisa langsung diganti pembayarannya, karena petugas dari ASKES harus terlebih dahulu klarifikasi kepada tempat persalinan yang diajukan tersebut.
  4. mendapat bukti pengajuan klaim, dan biasanya akan dihubungi 1 – 2 minggu untuk penggantian biaya persalinan

kurang lebihnya proses dan persyaratan yang harus saya penuhi untuk klaim persalinan seperti itu, untuk info lebih lanjut atau perubahannya bisa hubungi ASKES terdekat atau via website disini..

^-^ Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

