Puasa saat hamil (tua maupun muda)

Standard

saya pribadi di tahun 2010 sempat merasakan puasa pada waktu hamil, bahkan pada saat itu kehamilan saya menjelang due date masa persalinan. berhubung kondisi tubuh saya ok, janin saya tetap bergerak aktif dan suami pun merestui alhamdulillah saya masih bisa menjalankan puasa meskipun hanya 5 hari di awal saja..

sepengetahuan saya, puasa saat kondisi hamil sangat bergantung pada kondisi fisik dari masing-masing bumil (ibu hamil) dan janin yang dikandung. kita tentunya ingin semaksimal mungkin beribadah di bulan ramadhan ini. akan tetapi jika memang berhalangan karena hamil, jangan dipaksakan. karena anda sekarang tidak seorang, tapi ada dua nyawa, yaitu anda dan janin..  don’t be selfish..

ada beberapa tips dan trik yang saya bagi buat bumil yang ingin bisa puasa selama hamil, berikut tips-nya :

  1. tetap konsumsi banyak makanan yang cukup gizinya selama buka dan sahur, bahkan setelah shalat tarawih sempatkan makan makanan ringan
  2. jangan lupa minum suplemen atau obat resep dari dSOg, kalau biasa mengkonsumsi
  3. banyak minum air putih, untuk ibu hamil harus lebih banyak dari porsi orang normal jelasnya
  4. begitu ada hal yang dirasa tidak normal terhadap janin (misal tidak bergerak aktif seperti biasanya) atau terhadap ibu sendiri (muntah hebat, pusing, badan terasa lemas) segera batalkan puasa dan konsultasi ke DSog atau bidan terdekat
  5. untuk yang hamil usia trisemester pertama, lebih baik jangan puasa dulu meskipun kondisi tubuh sehat,mengingat pada trisemester 1 janin butuh banyak nutrisi untuk pembentukan otak-nya (selain itu juga masa rentan). tapi klo dirasa yakin kebutuhan itu sudah dipenuhi pada saat sahur dan buka, hal itu tidak menjadi masalah
  6. untuk yang hamil menjelang due date persalinan. begitu ada salah satu saja tanda mau melahirkan (misal, keluar lendir warna pink) segera saja batalkan puasa dan makan-makanan yang mengandung karbohidrat (energi) sebagai tenaga untuk menjalani proses persalinan (terutama jika normal delivery)
  7. tetap konsultasi secara rutin pada DSog/bidan
  8. komunikasikan dengan janin, bahwa anda akan melakukan puasa. hal tersebut saya lakukan jg tahun lalu.. insyallah janin membantu supaya puasa kita lancar.

puasa buat ibu hamil yang paling bagus pada waktu trisemester ke dua (menginjak akhir bulan ke-3 sampai bulan ke-6) karena pada kondisi itu, tubuh ibu hamil sudah mulai stabil dari keluhan selama kehamilan serta perkembangan janin juga sudah mulai normal..

pada prinsipnya, dari segi islam-pun juga tidak memberatkan ibu hamil untuk melakukan puasa. bisa diganti baik fidyah, bayar utang puasa, ataupun keduanya.. kalau memang kondisinya tidak kuat, segera berbuka saja..

selamat berpuasa para bumil..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s