Anticardiolipin Antibodies (ACA) pada Kehamilan

Standard

saya baru mendengar dan mengerti kasus kekentalan darah ini setelah ikut di forum parenting The Urban Mama . Jadi kasus kekentalan darah itu adalah kondisi dimana darah kita jadi kental. trus dampaknya untuk kehamilan apa ? secara logika darah kita kan mudah mengental, maka otomatis ibu hamil yang darahnya mengental menyebabkan asupan gizi gak bisa masuk kebayi.

Kasus ini disebut ACA (Anticardiolipin Antibodies). ACA positif ini baru ketahuan setelah dilakukan test-nya, katanya sih test-nya relatif mahal. salah satu ciri umum ACA adalah keguguran yang berulangkali, mengapa ? karena darah mengental maka oksigen dan asupan nutrisi yang lewat melalui plasenta ke janin menjadi terhambat.

Kalo sudah pasti nanti ACA-nya positif, untuk kehamilan berikutnya, begitu tau hamil langsung pake obat antikoagulasi-namanya heparin-nanti dipilihkan jenis yang aman untuk kehamilan, supaya darahnya ngga terlalu kental gitu..

Obatnya disuntikkan di bawah kulit dua kali sehari, nyuntiknya lama2 bisa dikerjain sendiri kok. gampang banget.Banyak juga yang berhasil sampe melahirkan, asal disuntik pake heparin ini.

ini cerita salah seorang anggota forum yang positif ACA tapi berhasil punya anak..  :

Mengapa kekentalan darahnya menjadi tinggi ketika hamil? Karena tubuh mengira “janin” sebagai musuh dalam tubuh yang harus “diserang”. Janin itu sendiri bukanlah hasil kreasi tubuh ibu, melainkan setengahnya diciptakan oleh “makhluk asing” bernama sperma. Tubuh ibu tidak mengenalinya sehingga terjadilah pengentalan darah.

Pengentalan darah membuat tali pusat yang menghubungkan bayi dengan tubuh ibu menjadi tersumbat. Oksigen dan kebutuhan pertumbuhan tidak didapatkan oleh janin sehingga tentu saja janin tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik. Jadi apa yang harus kita lakukan?

1. Begitu mengetahui hamil, SEGERA hubungi dokter kandungan. Jangan menunda, jangan menunggu. Ibu yang memiliki ACA tinggi adalah ibu yang memiliki kehamilan berisiko SANGAT TINGGI. Satu jam menjadi sangat berharga. Saranku: begitu tahu hamil, segera periksa ke dokter kandungan.

2. Jangan pergi ke sembarang dokter kandungan. Carilah dokter kandungan yang mengerti dan mengenal ACA dengan baik. Tidak semua dokter kandungan menerima konsep ACA. Ada banyak dokter kandungan yang tidak percaya pada ACA, don’t ask me why. Seorang dokter kandunganku yang tidak percaya ACA mengakibatkan keguguran janinku. Rekomendasi dokter kandunganku: Dr. N.K. Hie.

3. Segera setelah bertemu dengan dokter kandungan, minta dokter kandungan mengecek ACA. Ceklah hari itu juga, jangan menunggu. Minta hasil jawaban ASAP. Kalau hasil darah menunjukkan ACA yang tinggi, segera buat janji dengan dokter darah. Dokter darah yang aku rekomendasikan adalah Dr. Djumhana. Beliau praktik di RS. Seloam Jalan Panjang itu.

Dulu aku harus suntik heparin sekali sehari (waktu hamil Elysa) 0,4 cc sejak kandungan 3 bulan sampai 9 bulan. Waktu hamil Catrina, aku suntik sekali (0,4 cc) sejak bula kedua dan menjadi dua kali sehari (0,4 cc pagi, 0,6 cc siang) sejak bulan keenam. Tidak ada penjelasan apakah usia seorang ibu yang hamil menjadi pemicu kekentalan darah yang menjadi-jadi.

Moms and dads, suntikan heparin harganya sangat mahal. Dulu 7 tahun lalu, 0,4 cc (tubuh saya kecil, berat badan saya sekitar 48 kg, hanya naik 4,5 kg waktu hamil) itu harganya 100 ribuan. Kalau berat badan semakin tinggi, maka jumlah cairan heparin juga semakin tinggi. Tapi tidak tidak menjadi case waktu saya hamil Caty karena berat badan saya hanya 49 kg (saya naik 5 kg) tapi kekentalan darah saya tidak tertolong lagi dengan 0,4 cc sehingga dokter darah memutusan untuk menambah jumlah suntikannya menjadi dua kali sehari dengan 0,6 cc.

Persalinannya juga harus melalui Ceaser dan biayanya juga besar karena membutuhkan persalinan yang berbeda dengan obat-obatan yang berbeda.

Jadi moms and dads, yang memiliki masalah dengan kekentalan darah, persiapkan budget ketika memutuskan hamil. Bukan saja resiko yang tinggi yang harus dihadapi (kematian bayi dan kematian ibu) tapi juga biaya kehamilan yang besar. Kedua anak saya dilahirkan menghabiskan kurang lebih satu mobil kijang deh biayanya sad

jadi buat para bumil yang mungkin sering keguguran di awal,, mungkin ACA adalah salah satu kasus yang perlu diwaspadai..

semoga bermanfaat..

One thought on “Anticardiolipin Antibodies (ACA) pada Kehamilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s