Mengapa harus belajar hingga kenegeri cina ?

Standard

Nabi kita Muhammad SAW, memerintahkan agar kamu muslim tidak henti-hentinya belajar, mulai sejak lahir hingga masuk ke liang lahat. selain itu Rasul juga memerintahkan kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri cina.

the question is, why Cina ? kenapa tidak Amerika, Jepang , negara Timur tengah atau eropa barangkali. saya baru saja menemukan jawabannya (versi saya) dari membaca beberapa bab awal dari buku Dahlan Iskan tentang Catatan Perjalanannya selama ke Tiongkok. (nanti akan saya review klo sudah khatam).

seperti kita tahu, cina memiliki bahasa yang dikenal dengan bahasa mandarin, bahasa mandarin ternyata merupakan bahasa yang paling tua sekaligus sulit untuk dipelajari. mengapa ? alasanya, bahasa mandarin memiliki banyak kosa kata, serta memilik 4 nada (CMIIW), jadi misalnya kata ‘si’ nada satu akan memiliki arti yang berbeda dengan kata ‘si’ nada empat.. jadi bisa dibayangkan betapa susahnya membedakan.. (mungkin begitu pula dengan bahasa arab, yang salah ucap bisa salah arti).. nah selain masalah kosakata dan nada ternyata untuk menulis pun juga susah.. untuk satu huruf  ‘wan’ dari kata taiwan itupun dulunya membutuhkan 27 goresan(garis), sekarang sudah diperbaharui sih tapi tetap jumlahnya masih diatas 10 goresan.

jadi bisa dibayangkan betapa rumitnya bahasa mandarin, jangankan bagi orang asing yang mau mempelajari, bagi orang asli cina pun itu juga rumit, karena disana masih dipengaruhi dengan dialek lokal yang berbeda-beda tiap daerah. mungkin hal itu yang membentuk pola pikir orang cina menjadi lebih detil, teliti, dan ulet. Akan berbeda dengan bahasa indonesia yang bentuknya simple, pengucapannya jelas dan mudah dipelajari.. orangnya pun cenderung sederhana pemikirannya, mudah dipelajari (pihak asing tahu kelemahan orang-orang indonesia dimana).

dari situlah saya mengambil kesimpulan kenapa kita harus belajar hingga ke negeri cina .. ,

ps : mohon koreksi yah , barangkali ada kekeliruan.. tulisan ini semata-mata hasil dari opini pribadi.. dan hasil membaca buku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s