Persiapan Kehamilan

Standard

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut kehamilan. Bagi saya yang terutama adalah kesiapan emosional dan fisik, mungkin tidak akan sama bagi setiap wanita. Mengapa emosional ?yah, secara singkatnya, saat kita benar-benar menginginkan kehamilan itu terjadi dari pembuahan yang dilakukan akan berbeda dengan kehamilan yang  tidak diinginkan, dan ternyata starting opinion tersebut akan berpengaruh saat proses kehamilan berlangsung, bahkan hingga anak lahir dan tumbuh dewasa. Oleh karena itu, emosi kita harus dipersiapkan dan dijaga supaya menerima ‘kehamilan’ kita dengan enjoy serta akan merasa lebih nyaman pada proses selanjutnya.

Hal yang harus disiapkan kedua adalah fisik, absolutely it must. Seperti informasi dari iklan sebuah susu ibu hamil yang disampaikan di TV, seorang wanita hamil terkadang baru mengetahui kehamilannya setelah 2 minggu kemudian, padahal masa-masa awal kehamilan adalah masa paling penting bagi tumbuh kembang otak janin. Jadi seorang wanita yang memang ingin hamil, maka mutlak harus menjaga  fisiknya dengan cara mengkonsumsi makanan yang cukup gizi-nya terutama  yang mengandung zat besi dan folat (akan dibahas lebih detail pada bagian Gizi untuk Ibu Hamil).

Yang mungkin juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi kehamilan selain fisik dan emosi adalah kondisi keuangan, kondisi keuangan perlu disiapkan karena akan ada pengeluaran-pengeluaran tambahan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, perbaikan gizi ibu hamil, biaya kelahiran dan bahkan selanjutnya biaya untuk si kecil yang sudah lahir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s