Lumpur Sidoarjo Siaga 1, so what ?

Standard

tempat tinggalku sekarang berjarak kurang lebih 5-7 km dari pusat semburan lumpur sidoarjo. lumayan dekat begitu kata teman-teman kerjaku. setiap aku duduk-duduk di halaman depan rumah, selalu terlihat dengan jelas asap semburan lembur yang membumbung tinggi, terkadang juga disertai dengan baunya yang menyengat jika ada angin kencang.

bukan tidak terasa, lumpur sidoarjo berusia 5 th lebih, sudah seusia anak TK. tindakan pencegahan supaya semburan lumpur berkurang, dan tidak berdampak terlalu membahayakan bagi masyarakat sekitar juga sudah dilakukan, tapi entah kenapa tindakan2 tersebut tidak berbuah hasil yang maksimal. lumpur tetap tak kunjung berhenti, dan daerah terdampak juga menjadi semakin luas.

sesekali saya khawatir dan berpikir ‘buruk’ tentang lumpur sidoarjo ini. apakah tidak mungkin akan terjadi ‘amblas’ di daerah sekitarnya. kemudian selanjutnya, jika ‘amblas’ sampai sejauh mana ? bagaimana nasib warga masyarakat yang tinggal di area sekitarnya ? toh sampai sekarang tidak juga ada batasan daerah ‘aman’ dari amblas ataupun dampak lain  yang mengganggu.

setiap ada perkembangan terbaru tentang lumpur sidoarjo selalu dimuat di berbagai media massa dan elektronik, termasuk berita terakhir dari BPLS pada jum’at 16 Sept 2011,  yang menyatakan bahwa lumpur sidoarjo dalam keadaan siaga 1, tanggul rawan longsor, dan kemungkinan amblas kedalam kurleb 1 meter.  lalu pertanyaan saya, apa yang dilakukan pihak terkait selanjutnya ? apa ada kegiatan evakuasi masyarakat, apa ada memanggil para ahli geologis dari dalam atau luar negeri, apa ada tindakan super serius yang dilakukan pihak terkait ?

memang sudah didirikan yang namanya BPLS, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo, tapi apa yang dilakukan hanya terus membuat tanggul, mengeruk lumpur, mengalirkan lumpur. tapi tidak benar-benar terlihat akan menanggulangi lumpur hingga berhenti menyembur. apa sudah menyerah menanggulangi lumpur ? 

hem , entahlah apa yang dipikirkan oleh para pemimpin daerah dan negara ini. lumpur sidoarjo bukan berada pada list teratas yang harus diatasi dalam daftar pekerjaannya. mungkin tidak terlalu penting dibandingkan urusan politik dan ekonomi.

ya Allah, jika sekiranya engkau hentikan semburan lumpur sidoarjo, maka mudahkanlah para pemimpin kami untuk menghentikannya. tapi jika sekiranya Kau kehendaki lumpur sidoarjo terus menyembur sebagai peringatan bagi para pemimpin kami dan manusia, maka teruskanlah hingga Kami semua sadar. Amin..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s