Inverted Nipple — Puting Rata/Kecil

Standard

Syukur alhamdulillah, saya tidak mengalami masa sulit saat memberikan ASI kepada kamil. Diawali dengan bentuk nipple yang bagus (mendukung untuk pemberian ASI) dan produksi ASI yang cukup, meskipun baru lancar di hari ke-3.

Tapi ternyata diluaran, problem ibu yang tidak bisa memberi ASI langsung pada bayinya ada banyak sekali. Pada kesempatan ini, saya coba menjelaskan tentang salah satu ‘famous case’ pada ibu-ibu yang tidak bisa memberikan ASI. Kasus ini disebut inverted nipple (puting cenderung rata/kecil/melesak kedalam) seperti ini :

 padahal seharusnya untuk breastfed, bentuk nipple yang bagus adalah yang menonjol keluar, supaya bayi bisa mengulum dengan lidahnya. 

Untuk kasus seperti ini, ibu tidak perlu khawatir. Ada cara yang bisa dilakukan supaya tetap bisa memberikan ASI, meskipun dengan keadaan seperti itu.

  Bagaimana caranya ? Mudah ? Berhasil ?

Caranya mengatasi problem ini, menurut salah seorang member di TUM yg berhasil adalah dengan rutin melakukan pemijatan/message pada PD serta menggunakan nipple erector (sebelum menggunakan alat ini disarankan diolesi dengan minyak kelapa lebih dahulu) .

Menurutnya nipple erector yang ada dipasaran bisa dibuat sendiri seperti cara kerja vaccum pump, tapi bukan seperti pompa ASI. Ia menyarankan menggunakan sebuah alat suntik yang besar (diatas ukuran alat suntik normal dan dibawah ukuran alat suntik untuk tinta printer) yang bisa dibeli di apotik. Ujungnya dipotong dan dihaluskan dengan cutter, lalu pompanya dikeluarkan dari belakang dan dimasukkan ke bolongan yang baru dibuat. Berikut ilustrasinya :

Beberapa ibu berhasil menggunakan nipple erector model disamping. Tentunya untuk melakukannya harus konsisten dan jangan putus asa. Dukungan dan bantuan dari keluarga besar, terutama suami sangat diperlukan. Bila perlu konsultasikan juga ke klinik laktasi untuk mendapatkan advice lebih lengkap, ibu juga bisa mengikut kursus-kursus breastfeeding yang diadakan oleh AIMI

Every effort to give breastmilk to our baby is worth to try, hard indeed but do your best.

HTH ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s