Kanker Serviks dapat dicegah lho.. !

Standard

Saat saya disarankan oleh DSog saya melakukan pap smear, saya juga diberi informasi tentang adanya vaksin anti kanker serviks. Diberi brosurnya juga untuk dibaca, tapi entah sekarang hilang dimana (untung sudah sempat dibaca  :D).

Vaksinasi HPV merupakan pencegahan primer terhadap kanker serviks dengan membantu pembentukan antibody. Sedangkan papsmear merupakan pencegahan sekunder yang berfungsi mendeteksi sel abnormal atau lesi prakanker.

Untuk melakukan vaksin ini, ternyata harus melalui tes pap-smear terlebih dahulu. Saat hasil test pap smear kita bagus (golongan I), baru kemudian kita bisa mempertimbangkan untuk melakukan vaksinasi HPV ini atau tidak. Awalnya saya tertarik,, tapi ternyata hasil pap smear saya belum golongan I, jadi saya tidak bisa langsung melakukannya. Setelah hasil tes saya terima, saya berbincang dengan penjaga counter obat di tempat praktek DSOg saya, sambil menunggu resep saya selesai. Saya menanyakan tentang berapa biaya untuk vaksin HPV… dan saya mendapati harga untuk sekali suntik vaksin HPV adalah Rp. 750rb (bisa jadi berbeda di tempat lain), untuk satu paket vaksin ada 3 kali suntik (setiap bulan sekali). Cukup mahal bagi saya, dan melampaui perkiraan saya di awal.

Saat saya melakukan pencarian di Google tentang Vaksinasi HPV, saya justru menemukan hal yang diluar dugaan. Dari sumber ini, dinyatakan bahwa vaksinasi HPV merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan. Karena menurut penelitian ilmuwan tersebut kanker serviks tidak disebabkan oleh virus HPV, sehingga vaksinasi HPV akan memberikan efek samping yang negatif seperti misalnya kejang-kejang, mati rasa, pusing, pingsan, dan juga kelumpuhan.

Karena tergolong orang yang juga minim pengetahuan tentang kanker serviks dan pencegahannya, saya juga sedikit bingung bagaimana baiknya mencegah kanker serviks. Dan ternyata cara mencegahnya sangat sederhana , yaitu :

  • Setia pada pasangan anda..
  • Gunakan pembalut yang sehat dan tidak mengandung toksin
  • Seringkali ganti pembalut dan underwear serta jaga kebersihan miss V anda, terutama saat menggunakan toilet publik
  • Dan paling utama, jaga diri dari makanan yang mengandung zat aditif, pemanis (kecuali madu, stevia, gula merah), pestisida dan karsinogen. Perbanyak makan sayur dan buah, apalagi organic..

Dengan melakukan pencegahan sedini mungkin, semoga saja kita dan keturunan kita dijauhkan dari bermacam penyakit yang aneh-aneh, seperti kanker serviks ini salah satunya.

HTH ^-^

Leave a Reply

