Tongue Tie — Tali Lidah Pendek

Standard

 Lagi-lagi saya juga baru mengetahui kasus ini dari  TUM, (TUM memang TOP.. :D) .

Tongue tie adalah kasus dimana bayi lahir dalam keadaan tali lidah pendek. kira-kira seperti ini :

garis frenum (tali lidah) pada lidah bayi yang pendek

Tali lidah yang normal, itu elastis dan tidak mengganggu gerakan lidah dalam mengisap, makan, membersihkan makanan dari gigi dalam persiapan untuk menelan dan, tentu saja, dalam berbicara. Ketika pendek, tebal, sempit atau lebar akan memiliki efek buruk pada fungsi oromuscular, makan dan berbicara… (sumber : tonguetie.net)

Dampaknya bagi bayi yang baru lahir jelas, bayi akan susah menghisap nipple ibu saat menyusui. karena posisi bayi menyusui tidak sempurna, maka ASI yang keluar dan dikonsumsi bayi juga tidak banyak. bayi akan sering menangis meskipun sudah menyusu lama pada ibu. perbandingan posisi menyusui pada bayi yg lidahnya normal dengan bayi yang mengalami tonge tie akan terlihat seperti ini :

Dan dampak bagi ibu yang menyusui bayi dengan kasus ini, akan merasakan kesakitan luar biasa saat menyusui bayinya, bahkan ada yang sampai putingnya lecet/bolong hingga menyebabkan demam tinggi pada sang ibu. Jika sudah seperti itu, ibu jangan terburu-buru putus asa dan stop memberi ASI pada bayi. Coba lakukan pemeriksaan sendiri dulu dengan melihat lidah bayi. Apakah secara fisik terlihat seperti kasus Tongue Tie atau bukan ? Jika belum jelas penyebabnya, lakukan pemeriksaan. supaya dapat lebih cepat diatasi problemnya.

Jika ibu menemui kasus ini pada bayi ibu, segera konsultasikan pada pediatrician dan juga di Klinik Laktasi. langkah yang biasa diambil DSA adalah dengan melakukan operasi kecil .. (jangan membayangkan operasi yang membutuhkan bius dan sejenisnya). waktunya tidak lama (seperti melakukan tindik pada telinga bayi perempuan). Jadi tali lidah bayi tersebut dipotong sedikit, seperti ini :

 

Kasus seperti Tongue Tie ini akan lebih baik jika diatasi sedini mungkin, saat anak masih bayi (dibawah 1th). karena selain susah dalam hal pemberian ASi, anak kedepannya akan cenderung cedal/pelat dalam berbicara.  Tapi bukan berarti anak yang cedal/pelat pasti kasus Tongue Tie.. pastikan dengan memeriksakan anak anda pada DSA.

Semoga bermanfaat ^-^

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s