Kerjasama ASEAN dan ASEAN Mitra Dialog

Standard

Sebenarnya saya hampir lupa kalau minggu kemarin, tepatnya 6 Oktober 2011, saya mengikuti Workshop Kerjasama ASEAN dan ASEAN Mitra Dialog yang diadakan oleh Direktorat Kerjasama Industri Internasional Wilayah II dan Regional Kementerian Perindustrian di Hotel Garden Palace, Surabaya.

Pada awalnya saya kurang ‘pede’ mengikuti workshop ini, karena memang belum pernah mengikuti seminar dengan topik seperti itu dan kurang punya wawasan mengenai -nya. Tapi daripada ‘nganggur’ , akhirnya saya datang juga.

Tujuan dari workshop ini : mengenalkan ke berbagai pihak yang terkait, terutama di bidang perindustrian dan perdagangan tentang berbagai kerjasama yang sudah terjalin antara ASEAN dengan negara-negara di luar ASEAN, apa saja yang kerjasama yang sudah dicapai, masalah apa yang dihadapi serta perkembangan terkini dari kerjasama tersebut.

Pembicara pada workshop ini berasal dari beberapa instansi. Berikut adalah daftar materi serta narasumber yang menyampaikan materi dalam workshop :

  • Perkembangan Kerjasama ASEAN dan ASEAN-Mitra Dialog & Permasalahannya. Oleh : Donna Gultom (Direktorat Kerjasama ASEAN, Kementerian Perdagangan)
  • ASEAN external relations.  Oleh : Donna Gultom (Direktorat Kerjasama ASEAN, Kementerian Perdagangan)
  • Perkembangan Rules Of Origin (ROO) ASEAN FTA & ASEAN Plus FTA serta Prosedur Penerbitan SKA. Oleh : Bayu Setiawan, Dirjen Kerjasama Perdagangan LN, Kementerian Perdagangan)
  • Dampak Liberalisasi Perdagangan terhadap Perkembangan Industri Jawa Timur. Oleh : Henri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prop. Jatim
  • Rules of origin, Implementasi Perspektif Administrasi Pabean. Oleh :  Dirjen Bea dan Cukai , Kementerian Keuangan)

Kalau dilihat dari narasumber serta materi, semua-nya menarik dan para narasumber punya wawasan dan pengetahuan yang mendalam terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut menguntungkan bagi peserta, karena para narasumber disamping memiliki pengetahuan yang baik juga mampu menjelaskan materi dengan lancar dan runtu, meskipun waktu penutupan dimajukan dari jadwal yang ditentukan semula.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s