Susu UHT-Freshmilk Vs Sufor

Standard

banyak teman atau kerabat yang heran pada waktu saya memberikan susu kotak UJ (UHT) kepada atha (14 mo), kenapa koq susunya diganti ? kan krg bagus susu kotak ?

siapa bilang susu kotak g bagus ?.. ato kurang tau kali ya sebenernya.. sama sih, saya dulu jg berpandangan seperti itu. paling bagus ya sufor, apalagi yang paling mahal (tapi tetep g ngalahin bagusnya ASI)..  dan ternyata oh ternyata, ada opsi lain buat anak usia toddler (lepas dari masa 1th).. ada baiknya anak dikenalkan dengan susu UHT/fresh milk. kenapa ? ini dia +/- susu UHT/freshmilk dibandingkan sufor..

kelebihannya –>

(+) susu UHT/freshmilk lebih murah, kl sufor kan jelas mahal

(+) susu UHT/freshmilk lebih bagus kandungan kalsiumnya karena masih dalam bentuk liquid asli seperti saat diperah dari sapi (lebih alami mungkin istilahnya), kl sufor untuk kandungannya kan udah ditambah2in pas proses granulasi jadi butiran-butiran kecil itu.. bisa jadi pas proses itu ada kandungan susu sapi murni yang hilang. .. IMO

(+) gampang bikinnya, tinggal dituangin dari kotaknya atau langsung pake’ straw, kl sufor kan kudu pake’ air hangat dulu

(+) klo ada yg bilang UHT/pasteurisasi pake’ pengawet selama gak ada campuran rasa (plain), berarti gak ada kandungan gula dan gak ada pengawet.

kekurangannya –>

(-) ada yg bilang ttg miracle enzim, klo susu sapi sangat tidak cocok untuk diminum manusia jadi lebih disarankan soya (smua hal kan mesti ada pro-cons)

(-) klo anak masih g terbiasa minum dingin, kurang praktis karena kudu ngangetin UHT/fresh milk dari kulkas dulu

(-) nggak bisa rasa-rasa, krn yg plain itu yang lebih baik. kl ada yg coklat, strawbery, vanilla itu berarti udah ada tambahan warna , rasa dan gula

(-) suka ga tahan lama, karena memang ini bahannya freshmilk, jadi g bisa lama dikonsumsinya setelah dibuka kemasannya, bahkan kl yg pasteurisasi lebih sebentar expired datenya dibanding yang UHT.. dan penyimpanannya kl udah dibuka kemasannya yg bagus di kulkas

sebenernya sih kenapa toddler lebih disarankan pake’ UHT/freshmilk dibanding sama sufor, karena sebenernya kan sumber gizi utama buat toddler bukan cuman dari susu tapi dari makanan sehari-hari.. jadi lebih baik makannannya yang bergizi dan susu-nya UHT/freshmilk daripada sufornya yg bagus dan mahal pula tapi makannya g teratur n kurang bergizi..

 jadi penjelasan singkatnya begitulah kenapa atha mo migrate ke UHT?freshmilk. untuk saat ini sih saya cukup lega, karena atha g butuh penyesuaian yang susah untuk migrate ke UHT/freshmilk.. tapi masih belum full migration.. masih tandem sama sufornya.. insyaallah setelah nemun merk UHT/freshmilk yang pas.. baru di pindah total..

maksud dari tulisan ini bukan berarti saya against dengan sufor.. toh sebelum usia 1th, anak saya juga minumnya sufor.. kl g ada sufor mo minum apa, secara ASInya udah berkurang banget.. saya suggest susu UHT/freshmilk ini untuk anak usia toddler which means above 1y..

ps : untuk migrasi dari sufor/ASI ke UHT/freshmilk .. tunggu di tulisan saya berikutnya yach..

3 thoughts on “Susu UHT-Freshmilk Vs Sufor

  1. erika

    Sy setuju bgt mba sm tulisan ini, karna sy jg ngasi UHT bwt pendamping ASI ke Riel (23m). Sy sudah memberikan Riel UHT sejak dya usia 9 bln atas saran dokter kandungan saya dengan perbandingan 1:3 (1 untuk susu UHT diencerkan dengan 3x air mineral). Alasan dokter saya karna fresh milk tidak melalui banyak proses sebelum dikemas jd resiko terkontaminasi bakteri lebih kecil jika dibandingkan sufor yg harus melalui banyak proses sampai susu dpt dikemas. Pengawetnya pun tidak sebanyak sufor. Lihat saja kemasan UHT max 1 th sedangkan sufor bisa lebih dr 3 th. Memang penggunaan susu UHT yg sy terapkan ditentang dr orang2 di sekitar sy termasuk orang tua. Yg dibilang UHT itu ga ada DHA, dll. Tp sy tetap meneruskan saran dr dokter sy, sampai pada saat heboh susu terkontaminasi bakteri itulah alasan dokter sy benar2 terbukti. Trimakasih telah membantu menyebarluaskan infonya mba. Smoga bermanfaat.

    • wah makasih mba’ febby ternyata udah banyak juga ibu yg mulai aware tentang penggunaan UHT/freshmilk buat anaknya.memang sih pas waktu awal klo promosi k temen tentang pake’ UHT, jawabannya musti , apa bisa pencernaannya anak kita yg masih kecil nerima ? apa gak bakalan diare.. toh buktinya anak saya bisa.. jadi dicoba dulu baru klo memang ndak bisa nerima fresh milk ato alergi susu sapi bisa pake’ susu soya, ato sari soya (sari kedelai).. go natural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s