apa itu UHT-Pasteurisasi-Freshmilk ?

Standard

disini saya berikan definisi awal tentang UHT/Freshmilk/Pasteurisasi.. (saya rangkum dari berbagai sumber).

  • Susu UHT (Ultra High Temperature)adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135 -145 derajat Celsius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) & spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma & rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum.Susu UHT direkomendasikan untuk anak usia 12 bulan ke atas.Umur simpan susu UHT ini jauh lebih panjang dari susu pasteurisasi, bisa tahan selama 6 bulan tanpa refrigerasi (pendinginan).  Tetapi ini hanya berlaku untuk susu UHT yang kemasannya belum dibuka.  Begitu kemasannya dibuka, susu UHT akan mudah terkontaminasi dengan bakteri pembusuk.  Oleh karena itu, setelah dibuka susu harus disimpan di dalam refrigerator/lemari es (suhu 3-5 oC) & sebaiknya segera habiskan dalam jangka sebelum 4 hari.  Selain umur simpan, perbedaan antara susu pasteurisasi dengan susu UHT terletak pada rasa.  Susu UHT memiliki cita rasa yang lebih ‘matang’ dari susu pasteurisasi.
  • Pasteurisasi adalah suatu proses memanaskan produk (dalam hal ini, susu) dibawah titik didihnya, dengan tujuan untuk membunuh semua mikroorganisme pathogen.  Selain membuat susu menjadi aman dikonsumsi manusia, pasteurisasi juga akan memperpanjang umur simpan dari susu karena sebagian bakteri perusak/pembusuk susu juga mati.
  • Fresh Milk, klo ini susu asli (bisa dari sapi atau kambing) g ditambahin apapun, paling cuman dipanasin biasa atau langsung diminum gitu aja.. cuman klo anak langsung dikasih ini khawatirnya masih ada kuman atau bakteri yang ngikut.. tahannya jg cuman 1-2 hari.. klo g disimpen di kulkas ato diangetin pasti bau..

dari tiga macem susu cair diatas, atha menggunakan UHT, karena itu yang paling cocok buat dia.pernah sih dikasih yang pasteurisasi.. sama-sama doyan.. cuman karena waktu simpennya yang lebih singkat dan kurang user friendly klo harus dibawa bepergian.. jadi saya decide yang UHT..

semua susu cair diatas rasa yang dipilih alangkah baiknya yang plain, karena klo sudah ada gula atau pewarna berarti kan udah ada tambahan (zat aditif) . selain itu kandungan gula yang terlalu banyak juga kurang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan gigi anak..

sekarang sudah tau kan macem-macemnya.. g ada salahnya mencoba bukan, lebih murah n lebih natural pula.. kalo’ ada yang komentar miring, itu sudah pasti.. yang jelas kita berusaha untuk memberikan yang terbaik buat anak kita (ndak mesti yang paling mahal bukan ..)

^-^ selamat mencoba..

4 thoughts on “apa itu UHT-Pasteurisasi-Freshmilk ?

  1. Erlys

    Hi, thank you banget buat infonya mengenai UHT. boleh minta referensi UHT yg dijual dipasaran? Dan belinya dimana ya? Thanks sblmnya.🙂

    • evipane

      Salam kenal Erlys,

      Klo’ untuk UHT yang beredar dipasaran ada banyak banget merk dan brand-nya. mom erlys bisa coba cek ke supermarket besar atopun kecil di daerahnya, pasti ada.. saya kasih contoh aja UHT dari Ultra Jaya (Plain, Strowberry, Coklat, Low Fat) trus ada juga UHT dari GreenField (ini impor punya dari Aussie klo g salah)..
      Saya sarankan sih, sebelum beli baiknya baca dulu komposisinya (harus komposisinya fresh milk, tanpa tambahan yang macem-macem klo untuk yang rasa plain), sama cek tanggal kadaluarsanya juga..

      semoga membantu..

    • Salam kenal Indah,
      Setahu saya UHT dan freshmilk tidak menggunakan pengawet tambahan, tapi untuk yang UHT biasanya ada tambahan gula, perisa dan aroma sedangkan freshmilk tidak.
      Saya sarankan dicoba setelah umur anak lebih dari 1 tahun dan dilakukan bertahap, dicampuri dulu dengan air dan gunakan UHT atau freshmill yang plain karena tidak mengandung gula dan tambahan rasa..

      Semoga menjawab pertanyaannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s