Susahnya menuju ISO 9001:2008

Standard

sudah sejak tahun 2008 , kantor tempatku bekerja mencetuskan untuk memulai mengimplementasikan sistem manajemen mutu untuk ISO 9001:2000. namun hingga 3 tahun telah berselang tak kunjung jg terimplementasi dan mendapatkan sertifikasi..

menurut saya pribadi yang tidak paham mendalam tentang sistem manajemen mutu , menganggap agak percuma menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di kantor saya.. karena yang fundamental dari perbaikan sistem dari organisasi  adalah perbaikan dan pengembangan SDM, (hal ini jg yang saya pikirkan untuk perbaikan negara indonesia).. karena SDM lah nanti yang akan menggerakkan sistem.. tapi itu kan menurut saya.. tentu berbeda pimpinan kantor atau pihak lain..

selama masa 3 tahun menuju hingga saat ini, yang terlihat secara fisik menjadi sedikit ada perubahan karena akan menuju ISO 9001:2008 hanya terlihat pada kemunculan beberapa banner , spanduk, slogan, perangkat informasi tentang kantor, dlsb yang menggaungkan ISO 9001:2008.. tapi semua hal tersebut dipasang di sekitar kantor tanpa pegawai mengerti apa makna dan kewajiban daripada tulisan-tulisan tersebut..

saya sendiri sebagai salah satu anggota Tim layanan ISO 9001:2008 (resminya tahun 2011 ini).. juga sudah mulai bosan dengan kemajuan yang bisa dibilang hanya begini-begini saja. jadinya saya agak mempertanyakan, apa sih esensinya suatu instansi mendapat sertifikasi ISO 9001:2008, tapi tidak ada perubahan ke arah perbaikan di dalam organisasi atau feed back positif dari penerapan tersebut terhadap organisasi secara keseluruhan..

apa iya semua instansi susah begini untuk mengimplementasikan ISO 9001:2008 ? klo susah kan pasti ada jalan, atau mungkin karena kemauan dan komitmen yang kurang kuat.. jadinya yah.. bisa dibilang jalan ditempat klo ndak mau dibilang jalan kebelakang..

tulisan ini sekedar uneg-uneg saja, bukan berarti penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 itu tidak bagus. tapi mungkin kurang pas klo untuk dipaksakan diterapkan pada organisasi dengan karakter pegawai yang seperti instansi saya.. klo’ di organisasi lain saya jg banyak melihat mereka bisa sukses dengan implementasi tersebut bahkan semakin maju.. jadi bukan ISO 9001:2008 yang jadi salah/buruk..

i hope in 2012, we made it. not only get ISO 9001:2008 certification, but also be a better organization in future..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s