Semarak Perayaan Idul Adha 2011

Standard

perayaan idul adha tahun ini tepat jatuh pada tanggal 6 november 2011 tahun masehi atau 10 Dzulhijah tahun hijriyah. sayangnya bagi pekerja kantoran seperti saya dan suami, hari raya idul adha kali ini kurang pas waktunya, karena bertepatan dengan hari minggu (dayoff) ,jadi kurang liburnya.. *libur mlulu maunya*

pagi ini, saya dengan ibu mertua berangkat menuju masjid bersama untuk mengikuti shalat sunnah idul adha, ai dan atha tidak ikut, karena cuaca yang mendung dan gerimis.. selain itu ai jg merasa perutnya agak mules

sholat berlangsung tepat pukul 06.05 WIB, dilanjutkan dengan khotbah idul adha.. intisari dari khotbah idul adha yang saya ikuti adalah tentang keteladanan nabi ibrahim AS dalam mendidik anaknya, dan keshalehan nabi Ismail AS sebagai anak. Bahwa anak adalah sebagai amanah (rahmat dari Allah SWT) yang harus kita jaga sekuat tenaga, kita didik sebaik mungkin secara islami, kita pelihara sebaik-baiknya,, dengan harapan supaya kelak akan menjadi manusia yang mandiri dan islami serta yang utama supaya kelak dapat menyelamatkan kita dari panasnya api neraka..

kembali dari masjid, suasana masih tetap berkabut dan gerimis.. mungkin akan seperti ini sepanjang hari ini. satu jam setelahnya,, saya mendengar ringkikan kambing yang akan dikurbankan serta auman sapi (macan kali auman,, hehe). ibu mertua saya melarang mengajak atha melihat penyembelihan sapi atau kambing, dengan alasan kata orang jawa sawanen.. saya belum paham benar apa artinya, tapi klo saya terjemahkan sederhana itu supaya anak kecil atau bayi yang melihat tidak diganggu oleh arwah/roh sapi/hewan kurban yang mati disembelih itu..

sekarang suami dan tetangga sekitar membantu untuk membagi-mbagi daging sapi dan kambing untuk ditakar dan kemudian disebarkan kepada warga yang kurang mampu di desa yang lainnya.. syukur alhamdulillah mereka masih bisa merasakan nikmatnya daging kurban meskipun mungkin hanya dalam satu tahun sekali..

saya belum berkurban tahun ini, hanya menyumbang sedikit saja.. padahal sempat berniat berkurban, tapi yah itulah salah satu penyakit saya.. klo sudah niat baik,, tidak langsung disegerakan,, jadinya tergeser dengan kebutuhan lain.. semoga Allah masih memberikan rejeki umur tahun depan untuk melaksanakannya

overall.. perayaan idul adha tahun ini sangat bermakna bagi saya, meskipun semuanya terlihat sederhana dan seperti perayaan rutin tapi entah kenapa terasa berbeda dengan perayaan idul fitri kemarin.. takbir yang berkumandang sabtu malam kemarin juga terasa lebih bergemuruh..semua pihak kompak merayakan idul adha di waktu yang bersamaan.. itu mungkin yang menjadi beda dengan perayaan idul fitri kemarin,,

i’m wondering, kenapa klo idul adha bisa sama sedangkan idul fitri seringkali ada perbedaan pelaksanaannya ?

ndak nutut pikiran saya kenapa bisa jadi seperti itu,, yang jelas umat islam itu satu ,satu tuhan “Allah”, satu tuntunan “Al-Qur’an dan satu junjungan yaitu “Nabi Muhammad SAW” ..

Leave a Reply

