Bisnis Sampingan : Jualan Pulsa Elektrik

Standard

sebenarnya ini bisa dikatakan hampir bukan bisnis sampingan. lebih tepatnya sekedar usaha sampingan. usaha kecil-kecilan lah.. saya sudah berniat sejak lama untuk melakoni usaha ini , pas belum mulai in usaha jual pulsa elektrik .. tapi ndak tahu kenapa koq ya baru-baru saja mulainya.. (penyakit malesnya kumat :D)

dengan modal yang relatif kecil, antara 20Rb – 100 Rb, anda sudah bisa jualan pulsa. pasti anda sudah sering dengar iklan seperti itu.. untuk kali ini saya tidak bermaksud ngiklan lho.. toh lebih banyak ads yang lebih persuatif daripada sekedar tulisan saya ini..

pada awalnya, saya mengenal usaha jual pulsa elektrik ini dari sepupu saya yang masih SMP saat itu.. dia berjualan pulsa untuk teman-teman sekelasnya, tetangga rumahnya, bahkan gurunya juga menjadi pelanggannya.merasa tertarik saya ikutan gabung, modal saat itu cuman 100Rb, pikiran saya ini untuk mencukupi pulsa saya dan suami saja dulu.. tidak untuk di jual, kan lebih murah tuh kulak pulsanya..

setelah dijalani beberapa hari, saya mulai melihat peluang untuk berjualan di kantor, dan khusus untuk kantor saya menambahkan embel-embel di flyer yang saya buat seperti ini :

“bisa ngutang, tapi wajib bayar pas gajian “

mungkin juga karena term itu, hari pertama saya jualan, saldo saya langsung kosong.. (tapi banyakan yang ngutang😀 hehe.. gpp lah yang penting laku dulu)

mengenai usaha jualan pulsa elektrik ini, anda bisa memilih banyak vendor yang ada di pasaran.. tapi hati-hati dalam memilih vendor. karena terkadang harga yang murah tidak menjadi jaminan realibilitas dan kecepatan transaksi pulsa yang dilakukan. untuk memilih vendor juga ada baiknya pilih yang memiliki kantor representatif yang berada di kota anda, atau terjangkau oleh anda. pilihan vendor yang tersedia, bisa anda search di google..

teknologi yang dimiliki oleh vendor pulsa elektrik pun sudah berkembang mengikuti trend social networking. yang basically untuk transaksi masih menggunakan HP anda, sekarang sudah bisa menggunakan Yahoo Messenger dan Facebook.. tentunya akibat investasi vendor di bidang teknologi (terutama dalam hal piranti server dan pengembangan software isi pulsa) membuat harga pulsa pada vendor-vendor seperti itu sedikit lebih mahal (paling bedanya Rp. 10 – Rp. 100)..

mekanisme dari jualan pulsa elektrik ini, bisa dilihat seperti gambar berikut :

 

saat ini sudah banyak dijumpai pula vendor pulsa elektrik yang menyediakan jasa all in one payment.. mulai dari Listrik (Reguler dan Token), Telepon, Speedy, Voucher Game Online, PDAM, dll.. saya mencoba memanfaatkan salah satunya untuk membayar tagihan listrik bulanan saya. administration fee-nya hanya Rp. 450,-.. tapi bisa berbeda untuk vendor lain.

seandainya anda tidak memerlukan usaha pulsa elektrik seperti ini sebagai tambahan pendapatan, setidaknya bisa anda gunakan untuk diri anda sendiri maupun orang terdekat anda.. lumayan bisa ngirit barang Rp. 1000 – Rp. 10.000 / bulan.

^-^ Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

