Taman Nasional Sangkima, Sangatta, Kalimantan Timur

Standard

sekitar bulan maret 2006, saya berkesempatan untuk melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di PT Badak LNG, Bontang Kalimantan Timur. itu pertamakalinya saya pergi ke kalimantan, pelosok pula.. (biar pelosok tapi kaya ..)

kesempatan yang langka tersebut tentu saya manfaatkan untuk jalan-jalan ke daerah sekitar bontang. banyak tempat menarik, menantang dan scenery yang mengagumkan. salah satu tempat yang incredible menurut saya adalah taman nasional sangkima.. (TNK)

saat itu di tahun 2006, saya dengan beberapa teman menggunakan sepeda motor berangkat dari bontang ke sangkima, (arah mau ke sangata’).. cukup jauh kurang lebih perjalanan 3 jam (kl g salah, udah lupa soale). tempat yang dituju yaitu TNK, tidak terlihat seperti taman nasional yang terawat, ada satu pondokan rumah, tapi tak terlihat penghuninya. ada juga pendopo besar di dalam yang rusuh. di bagian depan tidak ada pintu masuk atau orang yang bisa ditemui, hanya ada papan pengumuman dengan satu flyer berisi rute tracking dari mulai pintu masuk hingga kembali lagi ke tempat awal.

pertama kali masuk k area hutan sangkima, terlihat ada board walk sepanjang rute pertama sebelum akhirnya, board walk terebut berhenti dan rute mengharuskan kita melewati beberapa jembatan gantung yang kondisinya bisa dibilang mengenaskan dan harus hati-hati jika melaluinya, seingat saya dari awal hingga akhir track ada 7 jembatan gantung, bermacam-macam modelnya, ada yg satu tambang di tengah, jembatan gantung dari titian kayu, dll.

ada juga pendakian yang cukup melelahkan dengan imbalan view yang menakjubkan saat sudah mencapai di puncaknya. kemudian rute kembali menurun melalui jalan setapak.selama perjalanan kembali kami melihat ada rumah pohon yang tampak tidak mungkin untuk dinaiki dan kami juga sempat menikmati pemandangan orang utan yang bergelantungan dari pohon ke pohon. mendekati tempat finish, sempat juga kami temui sumber air alami dari bebatuan. benar-benar masih alami taman nasional sangkima ini. pengalaman kami sungguh menakjubkan bagi saya.. melewati rute yang hanya kami tahu dari sebuah flyer, tanpa ada pendamping  dan melewati jembatan-jembatan yang rawan putus..

itu TNS yang dulu, sudah 5 tahun lalu saya kunjungi. sekarang, 2011 ini saya menemukan artikel dan gambar tentang TNS yang sekarang. jembatan yang dulu banyak yang rusak sudah terawat, kayu-kayu titiannya sudah utuh. board walk yang ada semakin panjang. ada pemondokan, ada pengelolannya, ada tempat penjualan tiket .. (klo dulu gk ada, jadi gratis biaya masuknya.. :d), di sekitar pintu masuk tanahnya juga sudah di paving.

syukur alhamdulillah pemerintah daerah setempat memperhatikan kelangsung TNS ini.karena menurut pendapat saya pribadi, TNS memenuhi harapan bagi orang-orang yang hobi adventure, tracking , dan photography.

bagi yang mau jalan-jalan kesana, anda pertama kali harus mencapai kalimantan timur. kalau dari balikpapan (bandar udara sepinggan), naik pesawat kecil yang ke bontang , dari bontang perjalanan darat ke arah kota sangatta. TNS berada di pinggir jalan raya separuh perjalanan dari bontang ke sangatta.

^-^ Selamat Travelling

3 thoughts on “Taman Nasional Sangkima, Sangatta, Kalimantan Timur

  1. wah, TFS! info yang sangat bermanfaat. waktu baca di awal, udah agak khawatir tentang jembatannya. kalo 2006 aja jembatannya rusak, gimana sekarang? eh ternyata udah banyak perbaikan yaa. syukur deh! ^^;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s