Perpres 54 tahun 2010 : Pengadaan barang/Jasa Pemerintah

Standard

di dunia pengadaan terutama pemerintah, siapa yang tidak kenal dengan Peraturan Presiden no. 54 tahun 2010 (lebih beken dengan sebutan pp54). PP 54 ini menggantikan PP no. 80 tahun 2003 tentang pengadaan barang/jasa di pemerintah.

pp54 ini menjadi guideline utama bagi para pelaku pengadaan di K/L/D/I pemerintah. saya terbilang masih newbie dalam hal pengadaan barang/jasa (B/J) di pemerintahan. baru sejak awal tahun 2012 ini diminta bantuan untuk menangani pengadaan di kantor.

tgl 15-18 feb lalu, saya berkesempatan diikutkan pelatihan b/j berdasar pp54 ini sekaligus ujian sertifikasinya. yang mengadakan adalah Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) DPD Jawa Timur . dalam pelatihan yang terbilang singkat itu, narasumber memberikan kajian serta penjelasan tentang isi dari pp 54 sesuai dengan modul pelatihan yang diberikan oleh LKPP.

Menurut salah satu narasumber, karena ada beberapa kesalahan dan kerancuan yang terjadi dalam pp54, ada kemungkinan pp ini dalam waktu dekat akan disempurnakan lagi dengan bab perubahan atau digantikan lagi dengan pp yang baru. saya sendiri juga malah bingung, yang pp 54 aja baru belajar, eh koq udah mo muncul lagi.. yah tapi itulah dunia, hanya perubahan yang pasti dan tak mungkin dihindari..

kurang lebih isi dari pp 54 tahun 2010, terdiri atas 136 pasal 19 bab. dengan dilengkapi penjelasan serta 6 lampiran.

isi dari setiap bab, akan saya jelaskan dipost selanjutnya..

to be continued …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s