peserta diklat = bukan botol kosong

Standard

yah “bukan botol kosong” itu kalimat yang paling diingat selama ikut diklat calon widyaiswara, ibaratnya hal itu sudah menjadi imprint di otak saya, yang identik dengan para peserta diklat PNS. sebenarnya istilah itu berawal dari 4 karakteristik pembelajaran orang dewasa menurut om Malcolm S. Knowles , (saiya ingat sekali karena kebetulan kelompok saya bagian membahas sub bab ini).. 4 karakteristik tersebut :

  1. orang dewasa itu punya banyak pengalaman, itu asalny kenapa peserta diklat yg udah dewasa dibilang bukan botol kosong. karena peserta diklat sudah punya pengalaman, jadi ibaratnya botol, sudah terisi air, ada yang baru sedikit, ada yg setengah penuh ataupun sudah penuh. nah klo sudah penuh trus apa yg mo ditambahkan, tumpah donk. kan masih bisa ditambah rasa, warna, dan aroma.. dan alangkah lebih baiknya, apabila seoarang widyaiswara tidak menganggap peserta itu seperti botol kosong..
  2. orang dewasa itu self directing, orang dewasa g perlu banyak arahan yang detil untuk belajar, dia sudah besar, sudah mandiri dan independen. jadi tidak perlu tuntunan khusus dari widyaiswara
  3. orang dewasa itu perlu tahu lebih dulu materi yang akan diajarkan. klo sudah tau materi yg mo disampaikan, orang dewasa akan lebih siap belajar daripada belum tahu apa materi yang akan dipelajari nantinya
  4. orang dewasa punya keinginan belajar yang lebih, kalau materi yang disampaikan dirasa akan bermanfaat buat dirinya kedepan, kalau materinya berguna buat dia , pasti motivasi untuk belajarnya juga tinggi..

nah sekarang klo’ sudah tau bahwa peserta diklat yang notabene adalah orang dewasa itu bukan botol kosong, jadi kesimpulannya metode mengajarnya harus metode pembelajaran yang cocok buat orang dewasa.. klo bahasa kerennya andagrogy ups kliru, yang bener andragogy.

sekian, smoga bermanfaat ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s