Menyelamatkan aset anda dengan Emas (Logam Mulia)

Standard

siang itu hari ke-5 puasa (bagi saya). tidak seperti biasanya, setelah sholat dhuhur dan tadarus bersama di mushola kantor, masih ada diskusi yang berlangsung dengan 2 orang teman tentang topik haji pada mulanya, hingga salah seorang dari kami menceritakan pengalaman orang tua dari temannya  yang terpaksa mundur 10 tahun waktu keberangkatan hajinya, dikarenakan terjadi krismon tahun 1998, sehingga tabungan berupa uang yang rencana akan digunakan untuk naik haji tahun itu tidak mencukupi kenaikan biaya haji yang terjadi akibat krismon.

dari permasalah itu kami akhirnya membahas bahwa sebaiknya tidak menggunakan tabungan berupa uang untuk hal-hal yang kemungkinan akan naik nilainya akibat inflasi di masa-masa yang akan datang. akan lebih baik jika aset yang dimiliki dan diniatkan untuk tabungan masa depan disimpan dalam bentuk emas (logam mulia ). mengapa begitu ?

emas nilainya tetap, tetapi nilai uangnya terus naik dari tahun ke-tahun seiring dengan terjadinya inflasi. sedangkan inflasi sendiri terjadi akibat peredaran uang yang terlalu banyak dibanding barang. mengapa bisa terjadi inflasi ? jawaban simplenya karena sebenarnya uang terbuat dari kertas,  yang usaha untuk memproduksinya bisa jadi tak terbatas sumber dayanya, bila dibandingkan dengan emas, sumber dayanya terbatas dan untuk membuatnya juga membutuhkan waktu, sehingga lebih mudah dan cepat menciptakan uang daripada emas, sehingga terjadilah harga emas yang terus melambung naik terhadap nilai uang.. CMIIW..

untuk membeli emas (logam mulia) ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya, antara lain :

  • pastikan uang yang akan digunakan untuk membeli emas (lm) tsb bukan uang cadangan yang dalam waktu dekat akan dipergunakan, karena membeli emas (lm) dipergunakan untuk jangka panjang (minimal untuk 10 tahun kedepan)
  • cek harga emas (lm) pada website resmi pt.antam (untuk di indonesia)
  • beli pada toko perhiasan yang sudah terpercaya atau pada kantor penjualan pt. antam yang ada di jakarta, surabaya dan makassar (rencananya)
  • untuk penyimpanan, bisa disimpan dengan rapi di rumah atau dititipkan pada deposit box yang ada di bank pemerintah maupun swasta (tentunya dengan biaya tertentu)
  • jangan lupa bayar zakatnya untuk nilai emas (lm) yang sudah mencapai > 85 gr
  • lebih baik tidak menggunakan metode mengkredit emas (lm) yang menjadi produk beberapa layanan perbankan maupun pegadaian. karena hal tersebut juga ujung-ujungnya akan menciptakan produksi uang baru untuk memenuhi kebutuhan kredit tersebut..

rasanya tidak ada ruginya mencoba menyelamatkan asset dengan cara ini. karena disamping aman (asal disimpan dengan baik) hal ini juga sesuai dengan syariah islam, tidak ada riba didalamnya, selain itu memiliki emas tidak akan terkena pajak , beda dengan properti, tabungan maupun investasi lainnya. saya sendiri sejak pertengahan tahun 2011 lalu sudah berniat untuk membeli emas(lm), meskipun baru pecahan 2,5gr. insyallah klo ada rejeki bisa membeli lagi tahun ini..

 

^-^ Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s