Tips saat menghadapi masalah dalam hidup

Standard

banyak yang bilang kalau kehidupan itu seperti roda, kadang berada di bawah kadang berada di atas. tapi dasarnya bagi orang yang bahagia dan dekat dengan tuhannya, rasanya kehidupan itu musti enak bawa’annya. mau dalam keadaan susah dia tersenyum, dalam keadaan senang pun dia bersyukur. 

saya pernah baca, salah satu resep kebahagiaan itu adalah bersyukur.. yah dengan bersyukur hal yang kita peroleh terasa double nikmatnya, bahkan dari keadaan yang sama sekali tidak ada, dengan bersyukur kita merasa ada.. dan bisa ‘deal’ dengan ketidakadaan.. saya masih belajar untuk itu, dan berulang-ulang gagal.. bahkan sekarang pun saat saya mengalami masalah.. masih susah untuk tetap bersyukur akan masalah itu sendiri dan nikmat yang sudah diberikan.. padahal  nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan, begitu bunyi di al-qur’an surat ar-rahman..

saat merasa sudah sangat terbelenggu dengan masalah itu, satu yang baru saja saya coba lakukan, yaitu berusaha menulis semua masalah yang mengganggu secara objektif, sudah ditulis kemudian dibaca berulang-ulang.. disimpan.. ditinggal sholat dan mengaji (kebetulan ini bulan puasa) baru kemudian kembali lagi dan coba membaca catatan masalah yang tadi.. subhanallah.. setelah dilihat lagi.. terasa semua masalah itu ada jalan keluarnya, jika memang ada yg belum terlihat jalan keluarnya, paling tidak saya merasa bisa ‘deal’ dengan masalah tersebut, dan biarkan Allah yang memberikan jalan terbaik untuk penyelesaiannya, mungkin juga itu semua belum waktunya selesai atau ada skenario lain yang lebih baik buat saya..

semoga membantu, bagi yang sedang mengalami masalah.. ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s