[suka duka] mengajukan angka kredit fungsional widyaiswara

Standard

di bulan Mei 2013, saya resmi dilantik menjadi pejabat fungsional widyaiswara. setahun kemudian seharusnya saya sudah bisa naik pangkat, karena pada waktu pengangkatan fungsional angka kredit jabatan saya melebihi pangkat saya. akan tetapi karena  satu dan banyak hal kenaikan pangkat tersebut hanyalah tinggal angan belaka.. setelah berkonsultasi dengan pihak dari LAN sekalipun tidak mempan juga dijadikan argumen pada instansi saya, ya sudahlah .. manusia kan wajibnya berusaha, sisanya adalah Allah yang menentukan hasilnya..

seluruh persyaratan untuk kenaikan pangkat di akhir tahun 2013 sudah saya lengkapi, berburu tanda tangan dari pimpinan yang jarang berada di kantor sampai harus lembur demi kumpulan usulan pengajuan angka kredit juga sudah dilakoni. dari pengajuan angka kredit (AK) tersebut saya bisa mencapai poin 60-an, cukup puas dengan nilai tersebut yang bisa saya capai dalam waktu hampir 2 tahun.. (padahal nantinya kepangkas oleh tim penilai internal.. :P)..

setelah bulan april yang biasanya momennya PNS untuk naik pangkat terlewati , pengajuan kenaikan pangkat saya belum juga ada kabar beritanya.. yah biasa lah.. mau sudah di reformasi puluhan kali, diberi tunjangan kinerja 100x lipat yang namanya birokrasi pemerintahan gak akan berubah. jangankan untuk pelayanan kepada masyarakat, pelayanan bagi karyawan sendiri juga belum tentu mudah. pada akhir april baru ada kiriman hasil  melalui wa dari teman yang sedang ada perlu di kantor pusat, isinya hasil sementara penilaian PAK yang masih belum resmi karena belum di tanda tangan. Dan hasilnya membuatku sedikit putus asa , karena dicari – cari alasanya supaya tidak bisa naik pangkat dan angka kredit terpangkas 33% dari semula..

saya ubek-ubek aturan tentang pengaturan dan penilaian angka kredit widyaiswara, beberapa hari saya masih suka kepikiran tentang bagaimana supaya bisa memenuhi angka kredit yang diminta dan bisa naik pangkat secepatnya. sampai sempat di sebuah subuh, saya menuliskan status tentang angka kredit :

untuk mencari angka kredit fungsional widyaiswara itu berasa jadi player di film hunger games, saking susahnya temanpun bisa jadi musuh demi survive

yah memang kenyataan itu lah yang terjadi. semula saya berpikir bahwa menjadi seorang fungsional PNS itu aman dan nyaman karena jauh dari kans untuk melakukan korupsi dan melanggar aturan negara.. akan tetapi pemikiran saya tersebut terbukti keliru. karena fungsional widyaiswara seperti saya ini untuk mendapatkan angka kreditnya tidak serta merta hanya kerja keras pribadi, tapi juga masih banyak bergantung nasibnya dengan para pejabat struktural yang berada di instansi.. kalau tidak suka menjilat atasan, mendekati pengambil keputusan, memotong kompas aturan ,dan mencurangi teman bisa-bisa susah dapat jam ngajar-nya. kalau sudah begitu ada pertanyaan  :

is there another way ? yes , it is . there is always a way from whom who believe it

saya yakin ada cara baik yang bisa dilakukan untuk mencapai angka kredit yang diperlukan. tanpa harus mencurangi teman, menjilat dan mendekati atasan, dan yang lainnya. Dan apabila tiba saatnya usaha saya sudah mencapai maksimal, biar Allah yang akan memutuskan hasilnya..

hehe, koq jadi curcol.. semoga tidak ada di instansi manapun widyaiswara yang mengalami hal serupa saya..amiin

~ an obstacle should be overcome, not run from it ~

 

One thought on “[suka duka] mengajukan angka kredit fungsional widyaiswara

Leave a Reply

