bersyukur dengan yang sedikit

Standard

Allah tidak pernah pelit kepada setiap mahluknya. tanpa melihat amalan dan apa yang dilakukan oleh mahluknya, Allah memberikan semua manusia dan mahluk rezeki yang berlimpah, yang banyaknya jika ditulis menggunakan tinta, maka akan kurang air laut di bumi ini sebagai tintanya..

terkadang banyak orang salah mendefinisikan apa yang dimaksud dengan REZEKI, semata-mata hanyalah harta, benda, jabatan tinggi, dan lain sebagainya. padahal jika ditinjau lebih jauh, kesehatan yang kita rasakan , ilmu yang dimiliki, keluarga yang sakinah, orang tua, bahkan iman dan islam adalah juga cakupan dari REZEKI..

sungguh sangat sempit manusia memberikan penilaian, silau dengan adanya kesenangan di dunia, padahal sudah jelas disampaikan bahwa kesenangan di dunia adalah hal yang memperdayakan.. memang seringkali manusia , termasuk juga saya , masih berkeluh kesah akan apa-apa yang tidak bisa diperolehnya entah itu harta, benda, atau hal lainnya.. padahal sudah jelas pula bahwa apa-apa yang baik bagi manusia belum tentu baik menurut Allah, karena Allah yang tahu apa yang terbaik bagi manusia, sedangkan manusia itu tidak mengetahui..

dalam konteks bersyukur, manusia juga seringkali ingat bersyukur saat rezeki sedang banyak saja.. tapi saat rezeki sedang menurun, sifat pelupanya suka sekali muncul. yang ada justru lebih banyak berkeluh kesah, menyalahkan orang lain bahkan kadang Allah juga ikut -ikutan disalahkan.. padahal sebenarnya saat itu kita sedang diuji yang jika lulus ujian tersebut insyaallah derajat kita akan diangkat lebih tinggi..

tulisan ini saya buat sebagai pengingat bagi diri sendiri, dan bagi banyak orang, jika kelak mulai terjangkit rasa lalai untuk bersyukur baik dalam keadaan senang terlebih lagi saat keadaan kurang .. maka kita akan ingat bahwa rasa senang dan sedih itu dipergilirkan diantara umat manusia.. dan kemampuan bersyukur dengan apapun kondisi kita merupakan ujian yang seringkali mengecoh dan menjerumuskan kita dengan kemilau dunia yang memabukkan..

saat diri merasa mendapat rezeki ‘sedikit’ perlu kita introspeksi kembali apa yang sudah kita perbuat, apa memang ikhtiar kita kurang sempurna, jika rasanya usaha kita pun sudah maksimal.. barangkali sisanya kita pasrahkan saja ke Allah SWT, karena rezeki tiap orang tidak akan mungkin tertukar dan seringkali datang dari arah yang tidak disangka-sangka..

bagi yang sedang menghadapi ujian bersyukur.. la tahzan allahuma’ana.. jangan putus asa #gofightwin

semoga bermanfaat ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s