Siapkah Indonesia menghadapi AEC 2015 ?

Standard

aec_indonesia_readySebagai salah satu negara anggota ASEAN, Indonesia menyepakati dilaksanakanya Asean Economic Community yang akan diterapkan di akhir tahun 2015. AEC sendiri pada hakikatnya merupakan integrasi kawasan ASEAN dalam hal ekonomi. Tujuan dari AEC adalah meningkatkan competitiveness dari bangsa – bangsa ASEAN di dunia internasional. Karakteristik yang diharapkan dari implementasi AEC ada 4 hal, yakni :

  1. single market and production based, melalui free flow atas goods, services, skilled labour, capital, investment
  2. equitable economic development between ASEAN members..
  3. competitive economic region, meningkatnya daya saing ekonomi di tingkat kawasan
  4. integration into the global economy, being part of global region yang diperhitungkan di kancah internasional..

free flow atas goods sendiri sebenarnya sudah mulai berlaku sejak diterapkan AFTA (Asean Free Trade Agreement) beberapa tahun yang lalu, dan bahkan C-AFTA (China – ASean Free Trade Agreement). Jadi itu cukup menjelaskan adanya banyak barang cina yang masuk ke Indonesia.

Dari segi free flow of goods, beberapa peluang yang bisa ditangkap oleh Indonesia, adalah dengan memasarkan produk dalam negeri yang berkualitas untuk bersaing dan memasuki pasar ASEAN, tapi itu bukanlah perkara mudah. karena apabila dibandingkan dengan tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia dengan produk luar negeri, jumlah produk indonesia yang diminati di pasar luar negeri lebih sedikit, atau singkatnya impor barang jadi indonesia lebih besar dari ekspor barang jadi ke luar negeri.

kekhawatiran terbesar Indonesia dalam menghadapi AEC adalah Indonesia justru akan mengalami kerugian dengan adanya AEC yang menyebabkan Indonesia menjadi tuan rumah atau bahkan terjajah di dalam negaranya sendiri. jelas memang upaya pemerintah untuk membuat dan merealisasi strategi dan regulasi untuk membendung AEC terlihat kurang siap sedini mungkin, mengingat sisa waktu yang kurang dari 2 tahun.

wawasan dan sosialisasi tentang AEC belum ke semua masyarakat. padahal yang akan merasakan dampak langsung adalah masyarakat , semua sektor pasti akan berdampak baik positif maupun negatif. budaya, kuliner, pertanian, industri, sosial, ekonomi dan lain sebagainya. sangat disayangkan forum, seminar dan bahasan tentang AEC hanya ada di kampus-kampus, di kegiatan – kegiatan pemerintah, dan kalangan tertentu. Yang parahnya bahasan itu tidak membahas secara fair dari segi peluang / tantangan AEC bagi Indonesia ataupun ancaman / kelemahan AEC bagi Indonesia.

untuk menjawab pertanyaan dari judul artikel ini, saya simpulkan bahwa Indonesia harus bersiap dan akan siap apabila pemerintah dan segenap masyarakat merasa optimis Indonesia mampu melalui AEC dan kerjasama-kerjasama berikutnya dengan berbagai upaya serta kerja keras. melalui perbaikan penyelenggaraan negara secara berkelanjutan, penerapan nilai-nilai asli budaya bangsa yang mulai luntur, serta meningkatkan wibawa, harkat dan martabat bangsa melalui prestasi di segala bidang diharapkan efektif untuk menghadapi AEC dari segi konsep . sedangkan dari tataran teknis, semua sektor harus serius menganalisa kondisi di lapangan untuk menyusun dan menerapkan regulasi maupun strategi terbaik yang memberikan keuntungan terbesar bagi seluruh bangsa.

Saya selalu percaya bahwa sesuatu hal yang diyakini itu cenderung akan berpeluang besar menjadi kenyataan. jadi kalau bisa memilih untuk yakin bahwa Indonesia mampu menjadi Juara dan kembali mencapai masa kejayaan seperti jaman sriwijaya melalui AEC, maka saya akan memilih untuk meyakini bahwa Indonesia akan siap menyongsong AEC ..

^-^ semoga Allah SWT meridhoi bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s